Trik Jitu Dekorasi Rumah Minimalis

Karena biasanya diterapkan pada rumah dengan ukuran terbatas, melakukan dekorasi rumah minimalis bisa jadi cukup tricky

Bisa dirasa mudah karena tidak banyak space yang perlu Anda dekor, tapi justru karena keterbatasannya, Anda harus hati-hati dalam pemilihan furnitur atau perabotan agar rumah tidak kelihatan makin sempit, misalnya penggunaan furnitur berukuran besar yang hanya akan membuat rumah terasa sesak dan penuh.

photo : pexels
Lalu hindari penggunaan barang atau perabotan yang terlalu banyak, dan kalau Anda memiliki cukup banyak barang, ada baiknya memiliki ruang atau tempat penyimpanan khusus agar rumah selalu dalam kondisi rapi.

Misalnya tempat tidur yang dilengkapi dengan laci di bagian bawah, atau box penyimpanan yang bisa disusun sedemikian rupa dan bisa difungsikan sebagai tangga juga. 

Memilih perabotan yang multifungsi memang jadi salah satu trik jitu dalam dekorasi rumah minimalis. Lagipula ini juga bisa membantu menghemat pengeluaran.

Bahkan Anda tidak perlu membeli perabotan mewah untuk dapat tampilan rumah yang bagus. Cukup pilih perabotan yang simple dan unik untuk tampilan yang sederhana namun menarik. 

Selain perabotan yang multifungsi, penggabungan fungsi ruangan juga kadang tidak bisa dihindari dalam proses dekorasi rumah minimalis.

Misalnya saja dapur dan ruang makan. Kalau sudah begini, Anda akan kembali harus jeli dalam memilih furnitur atau perabotan yang tepat, seperti penggunaan meja dengan bentuk yang pas sehingga tidak mengganggu ruang gerak.

Kesederhanaan dalam dekorasi rumah minimalis juga terlihat dari pemilihan warna rumah secara keseluruhan, yang mana nantinya ini juga akan berpengaruh pada pemilihan warna perabotan yang tentunya harus menyesuaikan.

Dalam rumah minimalis warna dinding yang cerah dapat menciptakan suasana yang nyaman dan efek ruangan yang lebih besar.

Warna-warna yang tepat untuk menghiasi dinding rumah dengan tema ini misalnya adalah putih atau krem. Kalaupun Anda ingin menambah warna lain sebagai hiasan, pilihlah warna-warna pastel. 

Selain pemilihan cat dinding, Anda juga bisa memilih wallpaper sesuai selera untuk aksen berbeda pada dekorasi rumah minimalis.

Tapi tetap harus diingat, bahwa motif wallpaper diupayakan tidak terlalu ‘heboh’, dan penggunaannya pun kalau bisa diaplikasikan di sudut tertentu rungan saja. 

Dengan penempatan yang pas, wallpaper akan menambah kesan cantik pada desain rumah.

Sementara untuk kesan elegan, di sudut tertentu rumah Anda bisa aplikasikan unsur batu alam dengan pemilihan warna yang disesuaikan dengan tema rumah.

Penggunaan kaca jendela yang sangat besar bisa jadi pilihan tepat dimana cahaya bisa masuk lebih banyak, sehingga memberikan efek lebih luas pada ruangan.

Lengkapi pula dekorasi rumah minimalis dengan memilih tirai jendela yang memiliki warna dan motif selaras, serta gantungkan setinggi mungkin untuk menambah kesan ruang yang lebih lapang.

Selain itu, pencahayaan bisa pula dibantu dengan penggunaan lampu yang jika diletakkan pada posisi yang pas, akan bisa menerangi semua sudut ruangan di rumah.

Jangan lupa untuk memilih lampu dengan bentuk yang unik, sehingga fungsinya tidak hanya menerangi tapi juga sekaligus sebagai hiasan untuk tampilan yang lebih menarik. 

Dalam dekorasi rumah minimalis, meski space-nya terbatas, tak ada salahnya jika Anda ingin menambahkan karpet, asal pemilihannya pun tepat.

Misalnya ukuran yang tidak terlalu besar karena akan menutupi setengah ruangan, tapi juga tidak berukuran terlalu kecil karena akan membuatnya terkesan tidak menyatu dengan ruangan. 

Untuk memilih motif dan warna karpet, Anda perlu memerhatikan tema ruangan agar tetap selaras. Warna-warna lembut seperti putih, krem dan warna muda bisa dipilih untuk kesan yang lebih terang. Atau jika ruangan sudah cukup terang, pilihlah warna yang cenderung hangat. 

Tambahkan kesan segar pada ruangan dengan tanaman berukuran kecil dan mudah dirawat seperti kaktus. Tempatkan pot tanaman dalam posisi yang simetris, karena bisa membuat rumah terlihat lebih rapi, bersih dan seimbang.