5 Inspirasi Rumah Minimalis Mewah

Desain minimalis biasanya diterapkan untuk menampilkan kesan sederhana tapi tetap menarik. 

Tapi sebenarnya desain minimalis juga bisa diaplikasikan untuk menghadirkan kesan elegan, modern serta mewah pada hunian Anda.

Menariknya, cukup banyak desain yang bisa dipilih kalau ingin memiliki rumah minimalis mewah. Dan berikut sejumlah inspirasi yang bisa Anda coba:

1. Rumah minimalis mewah berkonsep split level

rumah minimalis mewah
photo : google images

Split level menjadi salah satu konsep yang memang cukup populer untuk menyiasati rumah di lahan terbatas. 

Konsep ini sendiri adalah teknik konstruksi dengan menonjolkan perbedaan ketinggian lantai, dan membuat rumah tampak lebih dinamis.

Dengan konsep ini rumah bisa memiliki void yakni space terbuka yang berada di antara dua lantai, untuk memberikan kesan lebih lapang.

Kelebihan lain dari split level adalah membuat rumah memiliki sirkulasi udara dan pencahayaan yang bagus.

Rumah Anda akan terasa tidak monoton dan yang tak kalah penting, terlihat indah dan juga mewah.

2. Rumah minimalis mewah terinspirasi dari desain rumah tradisional

rumah minimalis mewah
photo : google images

Atau Anda bisa mengadaptasi konsep rumah tradisional di Indonesia, salah satunya rumah panggung. 

Menariknya, meski berasal dari nilai tradisional, tapi konsep rumah panggung sudah banyak diadaptasi untuk tampilan hunian yang berkesan modern dan mewah.

Umumnya rumah panggung modern memiliki dek dan beranda, sehingga menambah ruang ekstra yang menarik pada bagian eksterior. 

Ruang ini bisa difungsikan untuk berbagai tujuan, misalnya sebagai tempat santai dan berkumpul keluarga.

Desain rumah panggung juga dianggap sebagai salah bentuk hunian yang juga aman di antaranya dari ancaman banjir. 

Selain itu, space di bagian bawah rumah bisa digunakan sebagai tempat parkir mobil, sehingga memberikan kesan simple pada desain rumah.

3. Rumah minimalis mewah dengan unsur kayu

rumah minimalis mewah
photo : google images

Menggunakan unsur kayu jadi salah satu inspirasi rumah minimalis mewah berikutnya. 

Desain rumah ini jika dibangun pemilihan material pilihan dengan pertimbangan yang detail akan menghasilkan hunian yang nyaman, sederhana, klasik tapi juga bisa terlihat mewah dan modern.

Lagipula, menggunakan kayu sebenarnya bisa memberi banyak ide untuk berkreasi demi menciptakan hunian nyaman sekaligus bercita rasa seni. 

Anda bisa menggunakan sejumlah jenis kayu pilihan sesuai kebutuhan. 

Misalnya kayu pinus, pada fasad, kayu besi untuk lantai, lalu kayu jati untuk pilihan furnitur untuk kesan elegan dan mewah, yang juga bisa diperkuat dengan pengaturan cahaya dan pengaplikasian jendela berukuran besar. 

Yang jelas memiliki rumah kayu, akan membuat Anda merasa nyaman berkat nuansa alami sekaligus asri yang tak hanya dirasakan di dalam rumah, tapi juga luar rumah.

4. Rumah minimalis mewah bergaya Eropa

rumah minimalis mewah
photo : google images

Inspirasi berikutnya adalah gaya Eropa, yang memang banyak diminati oleh orang-orang dari berbagai belahan dunia karena bentuknya yang megah, memesona dan tentu saja berkesan mewah.

Beberapa ciri khas rumah bergaya Eropa adalah memiliki menara atau pilar baik di bagian luar maupun di dalam rumah. 

Selain itu, rumah bergaya Eropa memiliki jendela berukuran besar, ditambah hiasan teralis dan tirai dengan bentuk atau desain yang makin mempercantik tampilan rumah. 

Kesan mewah di gaya Eropa juga terlihat ukiran yang bisa ditemui di bagian eksterior maupun interiornya, ditambah lagi pilihan warna gold yang memang umum dijumpai di rumah bergaya Eropa. 

Elemen dekorasi pun biasanya tidak sekedar sebagai hiasan, tapi juga biasanya benda yang memiliki nilai seni. Misalnya vas antik, jam besar dengan bandul hingga chandelier.

5. Rumah minimalis mewah berdesain terbuka 

rumah minimalis mewah
photo : google images

Konsep open space umumnya diterapkan pada rumah dengan ukuran kecil untuk menyisiati ruangan yang terbatas karena bisa memberi kesan luas. 

Dengan penataan yang tepat, pemilihan furnitur, pilihan warna, pencahayaan, konsep terbuka bisa jadi salah satu opsi yang pas untuk mendapatkan rumah minimalis mewah.

Anda bisa mencoba konsep terbuka dimana dapur, ruang makan dan ruang keluarga menjadi satu.